Mukena Anak Polos Hyget Super Mukena Dewasa Polos Hyget Super Sabun Lumpur Amoorea Sarang Semut Papua Jelly Gamat Gold - G Xamthone ACEMAXS VCO - Virgin Coconut Oil Algae Kristal Jepang

Riset Kulit buah Manggis Hambat Penuaan

Riset Kulit Buah Manggis Hambat Penuaan

Sebuah riset yang dilakukan ilmuwan Institut Pertanian Bogor menemukan bahwa kulit buah manggis (Garcinia mangostana L) dapat bermanfaat untuk menghambat proses penuaan (anti aging). Pada kulit bagian dalam buah manggis terdapat senyawa xanthone, yang merupakan bahan aktif yang bersifat anti-kanker dan anti-oksidan yang sangat tinggi, bahkan beberapa kali lipat melebihi kekuatan Vitamin C dan E. Xanthone mampu menghambat proses penuaan "kata Dr. Ir. Indah Yuliasih, peneliti Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB di Bogor, Jawa Barat".

Xanthone dari kulit buah manggis itu menunjukkan, bahwa buah manggis, limbah berupa kulit bermanfaat bagi kesehatan. Selama ini, buah manggis hanya diambil manfaat pada buahnya saja, padahal justru pada kulitnya bermanfaat dan punya nilai ekonomis yang lebih tinggi. Dipasaran saat musim panen buah manggis, harga Rp.5.000 hingga Rp.6.000 per kg. Padahal bila diambil bagian dalam kulitnya yang mengandung  xanthone, untuk ukuran 350 mililiter bisa mencapai mencapai Rp.200 ribu. Sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Malaysia dan Thailand secara ajeg kiriman ekspor dari Indonesia.
Pelaku bisnis di negara-negara tersebut mengimpor buah manggis Indonesia dalam bentuk segar, namun sebenarnya yang diincar justru kulit manggis itu.
Data Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Kementerian Pertanian yang dilansir akhir Desember 2011 (http://pphp.deptan.go.id/), sesuai Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor manggis yang lazim disebut exotic fruit per januari dan februari 2010 (8.225 ton) melejit 91% dibanding volume ekspor januari-februari 2009 yang hanya 4.285 ton (120 persen) dari 2.781.712 dollar AS di januari-februari 2010 menjadi 6.310.272 dollar AS.
Semoga Artikel "Riset Kulit buah Manggis Hambat Penuaan" bisa menambah wawasan kita dalam dunia Herbal Indonesia.

Riset Kulit buah Manggis Hambat Penuaan
 

Qoryabusana